-->

Penyebab Rezeki Terhambat

Apa penyebab rezeki terhambat atau seret? Padahal sudah bekerja keras, banting tulang dan menguras keringat kesana kemari mencari sesuap nasi namun hasilnya tetap itu-itu saja?

Inilah problematika tersendiri bagi individu yang merasa pekerjaannya sia-sia/tidak sesuai dengan yang diharapkan. Simak ulasan berikut ini!

penyebab rezeki terhambat

Kebanyakan orang merasa kecewa sebab ia telah melakukan usaha keras dengan diimbangi berdoa tiada henti tanpa mengenal waktu namun permintaannya tak kunjung terkabul. Hal semacam itu sering kali terjadi di kehidupan manusia.

Namun, kekecewaan tersebut bukan berarti salah Dzat yang dimintai pertolongan, tetapi itu mungkin dari kita sendiri.

Nah, disini kita bisa menginvestigasikan diri kita masing-masing. Mungkin dalam diri kita masih ada butiran  dosa-dosa yang tanpa disadari penyebab terhambatnya rezeki sehingga doa yang kita minta belum dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Apa yang sebenarnya menyebabkan rezeki seseorang terhambat? Ada beberapa dosa besar yang dapat menghambat rezeki seseorang. Mari kita cari tahu penyebabnya dosa besar yang dapat menghambat rezeki tersebut, antara lain ;

1. Menyekutukan Allah (Syirik)

Syirik secara terang - terangan bisa menjadi penyebab yang nyata rizki seseorang terhambat. Misalkan menyekutukan Allah dengan menyembah pohon keramat, kuburan keramat atau pergi ke dukun untuk meminta sesuatu dsb.

Syirik juga bisa digolongkan kepada orang yang menggantungkan sesuatu kepada Selain Allah, seperti disaat kita sedang sakit menganggap dokter/obat yang kita minumlah yang menyembuhkan itu juga syirik, disaat kita mencari nafkah menggapa dengan kita bekerja keraslah maka dapat rezeki.

Syirik yang demikian sudah sangat banyak kita jumpai dikehidupan kita yaitu syirik didalam hati atau riya, sehingga perlu kita introspeksi diri bahwa semua yang terjadi bahkan kesanggupan kita mencari nafkahpun semua karena karunia Allah SWT.

2. Meninggalkan Shalat

Manusia diciptakan di bumi ini untuk beribadah dan menjalankan perintah Allah SWT, salah satunya adalah menjalankan shalat wajib 5 waktu dalam sehari. Apabila seseorang telah meninggalkan shalatnya, sudah pasti dia tidak taat kepada Allah Swt.

Jika perintah Allah Swt saja di langgar atau ditinggalkan, bagaimana cara manusia bisa mendekatkan diri dan memohon kepada Allah SWT? Tentuya Allah tidak akan mengabulkan permintaan manusia yang tidak taat kepadaNya.

3. Durhaka kepada kedua orang tua

Sudah sangat jelas bahwa “orang tua adalah orang yang telah melahirkan kita, tanpa adanya orang tua, kita tidak akan terlahir di dunia ini. Merekalah yang merawat dari bayi hingga bertumbuh dewasa, terutama kepada seorang ibu, yang sudah 9 bulan mengandung, melahirkan dengan bertaruh nyawa, serta menyusui.”

Banyak juga loh yang baca :

Maka daripada itu pantaslah ada sebuah pepatah yang mengatakan “Surga terletak dibawah telapak kaki Ibu.

Bahkan Rosullullah SAW menyuruh kepada umatnya “Hormatilah ibumu, ibumu, ibumu dan Ayahmu.” Dengan modal berbakti kepada orang tua, maka segala urusan anak akan dipermudah oleh Allah Swt, termasuk dalam urusan rezeki.

4. Melakukan Zina

Banyak orang yang hajatnya lama sekali terkabul karena pernah melakukan dosa berupa “ZINA”, bisa jadi dia sudah melupakan perisitiwa keji itu namun Allah tidak pernah lupa akan dosa yang telah dilakukannya.

Sekali berbuat zina maka tidak diterima amal ibadahnya selama 40 tahun. Namun Allah maha menerima Taubat, jika kita benar-benar tulus bertaubat dengan “Taubatan Nasuha” maka sangat mudah bagi Allah untuk menghapus segala dosa-dosa kita. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu dijalanNya. Amin.

5. Suka Makan Rezeki yang Haram

Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan "mencari rezeki yang haram saja susah apalagi yang halal?” ungkapan itu mungkin sudah mendarah daging kepada sebagian saudara kita yang belum sadar akan bahayanya memakan rezeki yang haram.

Jika kita yakin bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki, buat apa kita bersusah payah melakukan perbuatan yang dilarang-Nya? Rezeki haram merupakan nilai minus di mata Allah. Misalnya kita menghasilkan duit haram 3 juta kemudian kita dapat dari yang halal 5 juta, maka jumlah uang kita bukan 8 juta melainkan sisa 2 juta saja karena -3 juta + 5 juta = 2 juta.

Allah akan mengambil kembali harta yang bukan hak kita dengan cara apapun, mungkin bukan hari ini, besok, atau lusa bisa jadi 2 atau 10 tahun yang akan datang, disaat kita telah bertobat dan sadar atas segala dosa-dosa kita.

6.  Hobi Mabuk (minum keras)

Mabuk-mabukan juga menjadi penyebab rezeki seseorang terhambat. Meminum minuman haram yang dilarang dalam agama islam adalah merupakan perbuatan yang di benci oleh Allah SWT. Jika Anda melakukannya, makan anda telah melanggar aturan Allah SWT dan akan berakibat di kehidupan Anda baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek, salah satunya adalah dalam hal rezeki.
7. Memutuskan Tali Silaturahmi

Silaturrahmi yang baik akan melancarkan jalan rezeki Anda, apabila silaturrahmi Anda terhadap saudara, teman, tetangga tidak baik, maka jalan rezeki Anda juga tidak akan lancar.

Karena Allah mengatakan bahwa sesama muslm adalah bersaudara, tanpa mengenal agama, ras, suku dan budaya. Maka mulai dari sekarang perbaikilah hubungan kekeluargaan Anda lewat silaturrahim.

8. Tukang Fitnah

Fitnah merupakan perbuatan yang sangat di benci oleh Allah SWT. “Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan.” Itu artinya fitnah merupakan perbuatan keji yang sangat dibenci oleh Allah, yang dosa ya lebih besar dari membunuh seseorang.

Jika Anda melakukan fitnah kepada seseorang, dan disebarkan ke seluruh kampung misalnya, perbuatan semacam itulah yang bisa menghambat jalan rezeki Anda. Karena Anda telah mengatakan sesuatu yang kebenarannya belum pasti.

9.  Kikir / Pelit

Salah satu dosa yang menghambat rezeki adalah kikir. Allah memerintahkan untuk berbuat kebaikan dengan beramal kepada orang yang membutuhkan.

 Jangan Khawatir harta akan habis karena beramal, karena sebagian dari harta kita adalah milik orang lain yang membutuhkan yang Allah titipkan kepada kita, agar menyampaikan atau memberikannya kepada mereka yang membutuhkan.

Justru dengan beramal, Allah Swt akan menggantikan harta yang lebih dari apa yang telah kita berikan kepada mereka.

10. Gosip (Ghibah)
 
Membicarakan kejelekan orang lain dan menyebarluaskannya merupakan perbuatan yang dapat menghambat jalan rezeki Anda. Segala perbuatan yang tidak disukai oleh Allah dapat menghambat jalan rezeki Anda.

Itulah sedikit ulasan beberapa penyebab rezeki terhambat yang sudah Anda ketahui. Semoga bisa memberikan pandangan kepada Anda untuk lebih bersemangat dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT.

Ada satu benda rahasia yang mungkin sampai saat ini belum Anda katahui keistimewaannya yang diberikan Allah SWT untuk benda tersebut.

Kekuatan tersembunyi yang bisa menarik rizki keberlimpahan, berlipat-lipat, bahkan bisa melancarkan usaha Anda bagi yang berbisnis/berdagang.

0 Response to "Penyebab Rezeki Terhambat"

Post a Comment

mari berdiskusi sob, silahkan berkomentar dengan baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel