-->

9 Cara Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok

cara ampuh membersihkan paru-paru



Meningkatnya polusi udara serta banyaknya orang yang merokok membuat paru-paru rentan terganggu kesehatannya. Secara tidak sadar, paru-paru terkena zat-zat yang berbahaya dari udara yang kita hirup. Perokok pasif juga memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi terkena paru-paru kronis.

Paru-paru adalah salah satu organ manusia yang sangat penting untuk membantu agar tetap terus bernapas. Memilih makanan yang bisa membantu membersihkan paru-paru merupakan tindakan yang tepat dan mudah untuk dilakukan. 

Dengan makanan pembersih paru-paru dapat meminimalisir kemungkinann penyakit yang akan timbul akibat dari zat berbahaya yang kita hirup.

Berikut beberapa makanan yang bisa membantu membersihkan paru-paru dirangkum dari merdeka.com (28/09214), detoxyourbody.co (13/07/2016) dan IDN TIMES (16/12/2016).

1. Jahe

Zat antiseptik serta antibakteri yang terkandung dalam jahe bisa membantu melancarkan saluran bronkial pada paru-paru, sehingga bisa menghilangkan radikal bebas yang menempel pada paru-paru. 

Rongga pada pernapasan akan terasa lega bila mengonsumsi minuman jahe. Namun akan lebih baik bila mengunyah secara langsung.

2. Bawang putih

Dalam bawang putih terdapat senyawa allicin yang bisa membunuh bakteri yang memicu infeksi paru-paru. Bawang putih dipercaya mengandung spektrum luas zat antimikroba, anti protozoa, anti parasit, anti jamur dan antivirus.
3. Kacang panjang

Kacang panjang (jurnalasia.com)
Selain untuk mencegah kanker, kacang panjang juga kaya akan magnesium. Mineral yang terkandung dalam kacang panjang juga bagus untuk kesehatan paru-paru.

4. Kunyit

Bahan aktif yang terkandung dalam kunyit adalah curcumin. Kandungan tersebut bisa menghancurkan sel-sel kanker dan mampu mencegah tumor dalam paru-paru.

5. Apel

Dalam buah apel terkandung vitamin E, B, C dan flavonoid. Kandungan tersebut akan membantu menyehatkan paru-paru dan bisa mencegah panyakit paru-paru.

6. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Dengan mengonsumsinya bisa meningkatkan penyerapan oksigen.

7. Buah Berry

Jenis buah berry seperti blueberry, blackberry atau raspberry dapat membantu menyehatkan paru-paru. Kandungan zat flavonoid, lutein, karotenoid dan zeaxanthin dalam buah berry bisa menghilangkan karsinogen dari paru-paru.

8. Sayuran yang mengandung karotenoid

Manfaat dari sayuran yang mengandung karotenoid yaitu sebagai antioksidan yang bisa mengurangi risiko terkena kanker paru-paru. Sayuran yang banyak mengandung karotenoid seperti lobak, wortel, sawi, bayam, labu, dan selada.

9. Air putih

Air putih merupakan salah satu hal yang penting untuk membersihkan paru-paru. Air putih akan membuat tubuh Anda tetap terhuidrasi dan mempercepat detoksifikasi. Anda juga bisa menambahkan perasan air lemon agar lebih segar.

Organ paru-paru merupakan salah satu fungsi terpenting untuk pernapasan. Bagi Anda perokok, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan diatas agar terhindar dari penyakit kronis.

0 Response to "9 Cara Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok"

Post a Comment

mari berdiskusi sob, silahkan berkomentar dengan baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel