-->

9 Arti Bulan Ramadan Yang Penuh Makna

Kaskus.co.id-Kata “Ramadhan” merupakan bentuk mashdar (infinitive) yang terambil dari kata ramidhayarmadhu yang pada mulanya berarti membakar, menyengat karena terik, atau sangat panas. 

Dinamakan demikian karena saat ditetapkan sebagai bulan wajib berpuasa, udara atau cuaca di Jazirah Arab sangat panas sehingga bisa membakar sesuatu yang kering. 

Menjalankan perintah agama Islam dalam bulan ramadan bersifat wajib, karena sebenarnya mempunyai makna tersendiri dalam bulan ramadan tersebut, ada 9 arti bulan ramadan yang tentunya mempunyai banyak hikmah dan arti mendalam bagi setiap pribadi kita yang menjalankan ibadah di bulan ramadan. 

9 Arti Bulan Ramadan Yang Penuh Makna

1. Bulan Ramadan = Bulan Alquran

Pada bulan ramadan  telah di percaya dari dahulu kala sebuah sejarah perjalan agama islam mengatakan bahwa Alquran diturunkan pada bulan ramadan ini. Sehingga ramadan mempunyai makna turunnya Alquran untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad SAW.

2. Bulan Ramadan = Bulan Puasa Wajib Umat Islam

Diseluruh penjuru dunia, telah berabad-abad melakukan dan menjalankan perintah berpuasa dalam kurun waktu satu bulan penuh untuk berpuasa bagi umat islam sedunia. Tepat di bulan ramadan ini wajib puasa untuk umat islam di lakukan. Di bulan ramadan bukan di bulan-bulan yang lain selain ramadan.

3. Bulan Ramadan = Bulan Membaca Alquran

Pada bulan ramadan  di sarankan umat islam di anjurkan untuk mulai membaca Alquran, karena saat bulan ramadan tiba  Jibril AS, menemui Nabi Muhammad SAW untuk melakukan tadarus Alquran bersama sang Nabi dari awal sampai akhir.

Banyak juga loh yang baca 



4. Bulan  Ramadan = Bulan Penuh Limpah Ramhmat Dari Allah SWT

Rahmat yang melimpah hanya milik Allah saja, di bulan ramdan di percaya di jadikan waktu Allah menurunkan rahmatNya , tidak bisa dijumpai di bulan-bulan yang lain selain bulan ramadan, pintu kebaikan yang menghantarkan umat islam ke surge di buka secara lebar di bulan ramadan. 

5. Bulan Ramadan = Bulan Pembebasan Dari Siksa Neraka

Di bulan ramadan ini di percaya bahwa Allah menjajikan sebuah pengampunan yang besar dan pembebasaan dosa-dosa umat islam  dari siksa neraka bagi mereka yang berpuasa karena iman, dan semata-mata mengharap ridhoNya.

6. Bulan Ramadan = Bulan Berujung Pada Hari Raya Kemenangan

Bulan ramadan di sebut juga sebuh kebahagian untuk umat islam yang sebulan penuh menjalankan ibadah puasanya. Karena hanya di bulan ramadan merupakan bulan ibadah yang berakhir pada hari raya kemenangan umat islam yaitu Hari raya Idul Fitri.

7. Bulan Ramadan = Bulan Kedermawanan

Dermawan artinya memberikan sesuatu yang berguna untuk orang lain yang membutuhkan. Di bulan ramadan ini merupakan kesempatan umat islam unutk melakukan kegiatan social atau kegiatan dermawan yang berguna untuk orang lain, seperti anak yatim piatu, fakir miskin dan semua orang yang membutuhkan bantuan.

8. Bulan Ramadan = Bulan Kesabaran

Di katakan bahwa bulan rmadan adalah special di jadikan bulan kesabaran, karena di bulan ramadan satu bulan penuh harus bisa menahan semua hawa nafsu, baik dari makan maupun minuman, baik dari segala kemasiatan dan mugkin dari segala kemarahaan yang membuat pribadi sesorang menjadi pribadi yang sabar, berjiwa besar dan tahan uji.

9. Bulan Ramadan = Bulan Allah

Bulan ram,dan sangat kental sekali hubungan umat islam dengan Allah. Setiap hari kegiatan ibadah untuk mnedekatkan diri pada Allah di lakukan terutamnya puasa sebulan penuh menjadikan umat islam lebih dekat dengan Allah yang di dalamnya melipat gandakan pahala orang yang mau berpuasa d bulan ramadan. Hari Allah memberikan rahmat karena berpuasa.

Makna yang terdalam dari bulan ramadan yaitu bahwa kita di beri kesempatan untuk memperbaiki diri baik secara iman dan beribadah pada acaran agama, maupun dalam kehidupan kita sehari-hari yang kita wujudkan dalam segala tindakan 

0 Response to "9 Arti Bulan Ramadan Yang Penuh Makna"

Post a Comment

mari berdiskusi sob, silahkan berkomentar dengan baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel