-->

Planet Yang Memiliki Suhu Terpanas

Kemajuan semakin lama terus berkembang, para ilmuwan terutama  ilmuwan astronomi terus saja melakukan penelitian di luar angkasa. 

Secara khusus kemajuan dalam bidang pengolahan citra membuat para astronom semakin bersemangat untuk mengeksplorasi alam semesta dan berburu planet di luar tata surya yang biasa di sebut Exoplanet. Sudah lebih dari 2000 planet di temukan yang mengorbit pada bintang-bintang selain matahari. 

Nah diantara 2000 lebih planet terdapat 3 planet yang memiliki panas seperti di neraka, yuk mari kita simak :

planet yang memiliki suhu terpanas
1. Planet 55 Cancri e

Jika Bumi selama 1 tahun  untuk berputar mengelilingi matahari sebagai pusat bintang tata surya, maka berbeda dengan planet 55 Cancri e, Planet 55 Cancri e hanya membutuhkan waktu berputar 18 jam untuk berputar mengelilingi bintangnya. 

Karena cepatnya revolusi planet ini banyak menyerap energi dari bintang lainnya. Menurut para ilmuwan planet  55 Cancri e memiliki suhu lebih dari 2.000˚ Celcius dan memiliki aliran lava panas pada permukaannya.

banyak juga loh yang baca :



2. Planet HD 189733b

HD 189733b merupakan jenis hot Jupiter,jarak planet ini dengan bintangnya 13 kali lebih dekat dan lebih dekat dari planet merk urius ke matahari, sehingga suhu dari planet seperti neraka ini mencapai 3.000˚ Celcius.  

Planet HD 189733b berputar mengelilingi bintangnya hanya 2 hari 2 jam sedangkan bumi berputar terhadap bintangnya 365 hari. Warna kebiruan di planet ini disebabkan oleh atmosfer yang kaya akan partikel gelas.

3. Planet KELT-9

Planet Neraka ini adalah planet terpanas dari kedua planet lainnya, planet ini disebut sebagai planet neraka karena suhunya mencapai 4.326˚ Celsius yang hampir sama dengan suhu pada matahari 5.326˚ Celsius, planet KELT-9b hanya membutuhkan waktu 1 hari 5 jam untuk mengelilingi bintangnya sedangkan bumi mengelilingi matahari sebagai bintang tata surya selama 365 hari atau 8.760 jam.

Sekedar info, 0˚ Celsius = 273,15 Kelvin dan 1˚ Celsius = 274,15 Kelvin. Kita sebagai manusia patut bersyukur karna masih tinggal di Bumi yang memiliki air, udara dan tanah buat di tempati, hargai Bumi kita agar tidak rusak dan bisa di tempati oleh anak cucu kita kelak. Bayangkan saja jika kita tinggal di planet yang memiliki suhu sangat panas seperti di atas.

Sumber Referensi :
https://www.arah.com/
https://tekno.tempo.co
http://www.penggagas.com/

0 Response to "Planet Yang Memiliki Suhu Terpanas"

Post a Comment

mari berdiskusi sob, silahkan berkomentar dengan baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel