-->

Cara mengajar anak sd yang jenius

Ada banyak cara dan teknik untuk mengajar, bisa disebut dengan sejuta jurus. Karena memang untuk mengajar, kita harus memilih mana teknik mengajar yang paling cocok dan berpengaruh buat anak ajar kita.

cara mengajar anak sd agar menjadi siswa hebat dan pintar


 Termasuk salah satunya mengajar didepan anak-anak SD. Mengajar mereka butuh keterampilan, keaktifan, kemampuan yang tidak biasa. Kalau mengandalkan hanya satu teknik, maka mengajar adalah hal yang akan membuat kita cepat bosan.

Untuk itu, ada beberapa tips hebat cara mengajar anak SD yang harus diterapkan oleh semua guru. Mari kita ulas.

Pertama: Presentasi.

Dimana guru harus ramah tamah terlebih dahulu dengan anak murid, mengucapkan salam, mengecek daftar hadir, lalu mengulang materi sebelumnya.

Mengulang materi ini tujuannya untuk melihat tingkat penguasaan anak-anak terhadap materi yang diberikan sebelumnya. Karena sangat efektif bila kita mengulang-ulang materi kemarin sehingga mereka tidak mudah lupa.

Lakukan presentasi terlebih dahulu, menjelaskan seluruh materi yang akan disampaikan, baru setelah itu anak-anak disuruh untuk menulis.

Jangan kebalik, menyuruh anak menulis dahulu lalu memberikan materi karena akan banyak memakan waktu.

Buat anak-anak nyaman terlebih dahulu dengan kita, membuat semangat mereka muncul sebelum belajar. Baik itu dengan bernyayi, bermain tebak-tebakan dsb yang bermanfaat dan membuat mereka betah jika di ajar dengan kita.

Banyak di baca :


Kedua: Praktek.

Setelah memberikan materi, sebaiknya langsung menunjuk satu-satu anak murid untuk mempraktekkan apa yang sudah kita berikan.

Misalnya saat kita mengajar b. Inggris, maka mereka harus menguasai materi dengan menunjuk mereka baik secara individu maupun kelompok untuk mempraktekkan kosakata yang sudah mereka pelajari.

Dengan ini, kita bisa melihat dan menilai kemampuan anak murid kita. Lebih baik lagi dengan memberikan suprise berupa hadiah bagi mereka yang bisa mempraktekkan secara wah.

Sehingga itu akan membuat anak-anak tertarik dan tidak takut untuk mempraktekkan didepan teman-temannya.

Ketiga: Feed back atau Umpan Balik.

Umpan balik positif akan membuat efek yang baik pada anak murid. Karena melalui itu mereka dapat merasa bahwa ada yang memperhatikannya. Maka mereka harus diberikan sebuah pujian yang mendorong mereka untuk semangat dalam belajar.

Bagaimanapun hasil yang mereka peroleh dalam pekerjaannya, setidaknya ada sedikit pujian atau dorongan agar mereka lebih giat dan semangat dalam mengajar.

Baik itu dalam saat memberikan ulangan, saat mereka memberikan pertanyaan, maupun saat diskusi.

Keempat: Evaluasi.

Terakhir, adalah dengan memberikan evaluasi soal berupa soal lisan maupun tulisan kepada anak murid.

Agar melatih mereka untuk bisa menjawab pertanyaan dari materi yang sudah kita sampaikan. Sehingga materi guru akan benar-benar masuk dan bertahan lama di kepala mereka.

Keempat tips hebat dalam mengajar anak SD diatas sebaiknya harus diterapkan oleh seluruh guru ditanah air ini.

Semoga bisa mengambil pelajaran dan manfaat dari teknik mengajar yang efektif ini. Jangan lupa untuk para guru, bertanyalah pada diri sendiri, apa tujuan mengajar dan agar murid dapat apa. Insya Allah akan memberikan titik terangnya.

0 Response to "Cara mengajar anak sd yang jenius"

Post a Comment

mari berdiskusi sob, silahkan berkomentar dengan baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel