-->

7 Negara Terbaik Sistem Pendidikanya

Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia itulah sepenggal kalimat terkenal yang pernah diucapkan oleh Nelson Mandela seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan. Sepakat, dengan pendidikan yang baik dan berkualitas peradaban dunia ini dapat dengan mudah diubah. Setiap negara tentu memiliki cara tersendiri untuk menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas untuk masyarakatnya.
Dilansir dari worldtop20.org (05/05/2017)berikut adalah 7 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2017, negara apa saja? Simak pembahasan berikut.
7. Singapura (Power Ranking Score of 57)

Sumber gambar dari travelstart.co.za
Nah, diurutan ketujuh sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia ialah negara tetangga Indonesia yaitu Singapura. Meskipun memiliki luas wilayah yang terbilang mungil, Singapura memiliki sistem pendidikan yang sangat berkualitas. Fokus pendidikan di Singapura menekankan pada sistem pendidikan dasar yang dibangun sejak dini. Maka tidak heran jika negara ini masuk kedalam salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia ya.
6. United Kingdom (Power Ranking Score of 78)

Sumber gambar dari nationsonline.org
Selanjutnya datang dari Britania Raya, ialah United Kingdom atau Inggris yang menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Di Inggris kualifikasi pendidikan negara ini memberikan jaminan kualitas yang diakui secara internasional. Selain itu, Standar mutu ditetapkan untuk menjamin diperolehnya derajat pendidikan tertentu. Setidaknya UK adalah pusat dari 170 lebih institusi pendidikan tinggi dan 500 lebih institusi pendidikan lanjutan dengan kualitas terbaik di dunia.
5. Russia (Power Ranking Score of 91)

Sumber gambar dari russia.org.cn
Diurutan selanjutnya adalah negara pecahan Uni Soviet yaitu Russia, negara ini dikenal dengan angka melek huruf yang baik yaitu mencapai angka sempurna 100%. Disisi lain, Rusia juga dikenal memiliki tenaga kerja yang sangat profesional dengan integritas tinggi sehingga tak heran jika negara ini menjadi salah satu dalam urutan sistem pendidikan terbaik Dunia.
4. Denmark (Power Ranking Score of 94)

Sumber gambar dari worldtravelguide.net
Berikutnya, ialah Denmark dimana negara ini memiliki struktur pendidikan yang terfokus menyeluruh, mulai dari pendidikan pra sekolah hingga ke tingkat pendidikan tinggi. Selain itu, dukungan kuat pemerintah Denmark untuk terus menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di bidang Pendidikan dapat menjadi salah satu alasan mengapa sistem pendidikan di Denmark adalah salah satu yang terbaik di dunia.
3. Korea Selatan (Power Ranking Score of 101)

Sumber gambar dari blog.asiayo.com
Nah, kali ini datang dari negara Asia lainya ialah Korea Selatan yang juga memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan di Korea Selatan sendiri terkenal cermat dan keras, siswa Korsel sendiri sangat sedikit mendapat jatah waktu libur sekolah. Bahkan beberapa sekolah di Korea Selatan ini ada yang mewajibkan siswanya untuk masuk full selama 7 hari. Perlu kita ketahui pendidikan di negara ini dapat dimulai dari usia 3 tahun anak-anak yang sudah diperbolehkan untuk masuk sekolah.
2. Jepang (Power Ranking Score of 104)

Sumber gambar dari yukepo.com
Tak mau kalah dari Korea Selatan, negeri sakura Jepang juga memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Jepang dikenal memiliki sumber daya manusia yang berkualitas serta di dukung dengan peralatan teknologi yang canggih, yang membuat warga mereka terlihat cerdas ialah tentu penerapan sistem kurukulum pendidikan mereka yang baik. Selain itu, warga Jepang sangat menghargai waktu, mereka terkenal sangat on time dalam beraktivitas sehingga tak heran jika kualitas diri serta pendidikan masyarakat Jepang cukup dikenal baik di dunia.
  1. Finlandia ( Power Ranking Score of 114 )

Sumber gambar dari reportasenews.com
Nah, sudah pasti diurutan pertama ialah Finlandia, hampir beberapa dekade terakhir Finlandia selalu menduduki perinkat teratas perihal sistem pendidikan yang berkualitas di dunia. Diketahui ada 5 hal yang menjadikan Finlandia sebagai Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Diantaranya, pilihan sekolah di Finlandia hanyalah sedikit dan itupun dikelola langsung oleh pemerintahnya, kurikulum pendidikan yang fleksibel, tidak ada beban tugas rumah bagi siswanya, tidak ada ujian nasional, serta para pengajarnya yang berkualitas baik.
Nah, itulah 7 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia tahun 2017 dan untuk negara kita sendiri Indonesia, saat ini sistem pendidikan tanah air masih bercokol di urutan 57 pada tahun 2017 menurut Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Apapun itu peringkat hanyalah soal angka, kita berharap pendidikan Indonesia dapat lebih baik serta semakin berkualitas lagi kedepanya.
Terimakasih

0 Response to "7 Negara Terbaik Sistem Pendidikanya"

Post a Comment

mari berdiskusi sob, silahkan berkomentar dengan baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel