-->

7 Negara YANG TELAH hilang dari PETA

Seperti kita ketahui jika bumi ini tidak hanya berpusat kepada satu wilayah saja ada banyak negara didalamnya. Tentu negara-negara tersebut memiliki wilayah kekuasanya masing-masing dari zaman sebelum masehi hingga zaman seperti sekarang ini jumlah negara di dunia terus meningkat, salah satu media yang dapat memudahkan seseorang untuk melihat batas wilayah suatu negara atau bahkan menghafal nama-nama negara ialah peta. Namun, apa jadinya dengan beberapa negara berikut yang tiba-tiba menghilang dari peta.
Dilansir dari www.brilio.net (29/10/2017) berikut 7 negara yang keberadaannya telah menghilang dari peta dunia, negara apa saja? Simak pembahasannya dibawah ini.
7. Sikkim, abad ke-8 Masehi-1975

Sumber gambar dari wowmuslim.blogspot.co.id
Nah, diurutan ketujuh ada negara bernama Sikkim yaitu sebuah negara monarki kecil yang berhasil bertahan hingga abad ke-20 sebelum akhirnya mereka menyadari jika menjadi negara mandiri bukanlah solusi yang baik. Sikkim akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan India modern pada tahun 1975 sehingga wilayahnya pun terhapus dari peta dunia hingga saat ini.
6. United Arab Republic, 1958-1971

Sumber gambar dari commons.wikimedia.org
Selanjutnya pada tahun 1958 ada negara yang sempat bernama United Arab Republic, kala itu Presiden Mesir Gamel Abdel Nasser berpikir jika ide bagus apabila Mesir bersatu dengan tetangga jauhnya Suriah, dalam aliansi yang efektif akan mengepung musuh bebuyutan mereka Israel, dan menjadikan mereka sebagai negara adidaya regional. Namun hal ini malah membuat United Arab hilang setelah aliansi tersebut menjadi rapuh bersama-sama, UAR dengan cepat dibubarkan dan dihapuskan dari peta dunia.
5. Ottoman-Empire, 1299-1922

Sumber gambar inafeed.com
Berikutnya ada negara bernama Ottoman-Empire yang sempat berjaya selama 600 tahun lamanya, negara ini runtuh akibat perang saudara yang menginginkan negara demokrasi sehingga terbentuklah negara Turki saat ini. Negara Ottoman ini berkuasa dari Maroko ke Teluk Persia, dari Sudan hingga jauh ke utara Hungaria. Alhasil negara bernama Ottoman-Empire ini telah lenyap dari peta dunia.
4. Vietnam Selatan, 1955-1975

Sumber gambar dari dreamindonesia.me
Nah, selanjutnya datang dari kawasan Asia Tenggara ialah negara bernama Vietnam Selatan. Awalnya pada tahun 1954, seseorang merasa memiliki ide yang baik untuk membagi Vietnam menjadi dua bagian, meninggalkan komunis di utara dan pseudo-demokrasi di bagian selatan. Namun untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah muda, alhasil terjadi perang saudara di Vietnam kala itu. Perang inipun menyeret negara Amerika Serikat ke dalam konflik. Akibatnya sejarah mencatat ini adalah perang yang paling menguras biaya dan tenaga bagi Amerika. Akibat desakan dunia Internasional dan rakyatnya sendiri, Amerika akhirnya meninggalkan Vietnam Selatan dan membiarkan mereka berjuang sendiri pada tahun 1973. Dua tahun kemudian Vietnam Selatan mengakhiri perang saudara, selanjutnya mereka mengubah nama negara menjadi Saigon dengan Ho Chi Minh City sebagai Ibukota. Hingga saat ini hanya ada satu nama negara Vietnam di peta dunia.
3. Cekoslowakia, 1918-1992

Sumber gambar dari infoyunik.com
Negara berikutnya yang telah hilang dari eta dunia ialah. Negara ini telah ditempa dari sisa-sisa Kekaisaran Austro-Hungaria dan saat ini , Cekoslowakia tengah berusaha membangkitkan kembali negara demokrasi mereka. Namun etnis Slavia di bagian timur menuntut negara independen mereka sendiri, hingga akhirnya kita mengenal Republik Ceko di barat, dan negara Slowakia di sebelah timurnya.
2. Uni Soviet, 1922-1991

Sumber gambar dari saripedia.wordpress.com
Selanjutnya ada negara Uni Soviet yang dulu terkenal sebagai salah satu negara adi daya selain Amerika Serikat. Negara berpaham komunis ini paling ditakuti pada zamannya, negara yang berpihak kepada Uni Soviet disebut dengan gerakan Blok Timur. Kejayaan Uni Soviet akhirnya runtuh dan terbagi atas 15 negara termasuk Kazakhstan, dan nama Uni Soviet pun lenyap dari peta dunia.
  1. Jerman Timur, 1949-1990

Sumber gambar dari bacatulisan.com
Terakhir ada negara Jerman Timur, saat Perang Dunia II wilayah Jerman terbagi atas dua bagian yaitu Barat dan Timur serta dipisahkan oleh tembok berlin. Kala itu jika seseorang ketahuan berusaha menyebrangi tembok pembatas itu maka tak segan tentara disekitar akan menembak orang tersebut padahal orang tersebut adalah bangsa sendiri. Runtuhnya Tembok Berlin mengakhiri eksprimen gagal komunisme di Jerman Timur dan mereka diintegrasikan kembali ke dalam sisa Jerman pada tahun 1990. Karena Jerman Timur begitu jauh di belakang sisa Jerman secara ekonomis, maka reintegrasi dengan Jerman Barat hampir membuat bangkrut Jerman. Saat ini nama Jerman hanya ada satu di peta dunia.
Nah, itulah 7 negara yang telah hilang dari peta dunia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua ya.
Sumber artikel terkait : terselubung.in/top-10-negara-yang-hilang-dari-peta-dunia/


0 Response to "7 Negara YANG TELAH hilang dari PETA"

Post a Comment

mari berdiskusi sob, silahkan berkomentar dengan baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel